Pengikut

Laman

Jumat, 04 Januari 2008

PELATIHAN PEMBUATAN PERABOT KAYU

PROPOSAL PELATIHAN KETRAMPILAN
PEMBUATAN PERABOT KAYU





A. Dasar pemikiran
Tingginya lulusan sekolah menengah yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sangat potensial menimbulkan masalah sosial yang berupa pengangguran. Hal ini terjadi karena lulusan menengah tidak mempunyai bekal yang cukup dalam menerapkan dan menggunakan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Kondisi ini juga disebabkan minimnya tingkat ketrampilan yang dimiliki oleh para lulusan.
Penguasaan ketrampilan yang mengarah kepada keahlian tertentu dengan teknologi yang sederhana akan membantu para lulusan dalam menghadapi dunia kerja. Pembekalan ketrampilan bagi lulusan sekolah menengah yang tidak melanjutkan atau siswa yang drop out, merupakan suatu solusi mengatasi masalah pengangguran. Pembekalan ketrampilan merupakan suatu upaya untuk menciptakan lulusan pelatihan ketrampilan mampu menciptakan usaha mandiri.
Pembekalan ketrampilan harus juga sesuai dengan kondisi lingkungan agar keahlian yang dimiliki bisa dilaksanakan. Meningkatnya kebutuhan peralatan dan perabotan rumah tangga yang menggunakan kayu merupakan suatu kondisi yang baik sebagai pasar usaha. Oleh karena itu pelatihan ketrampilan pembuatan perabot kayu sangat relevan terhadap peluang kerja dan penciptaan tenaga kerja yang mandiri. Ketrampilan membuat perabot kayu merupakan bidang produksi dan jasa yang sesuai dan sangat sesuai dengan kondisi sekarang. Adanya ketrampilan ini diharapkan lulusan dapat menciptakan peluang usaha sendiri dengan menjadi wira usaha yang handal.


B. Nama kegiatan
§ PELATIHAN KETRAMPILAN MEMBUAT PERABOT KAYU

C. Tujuan
§ Meningkatkan rasa percaya diri bagi lulusan menengah dalam kompetisi didunia kerja.
§ Meningkatkan ketrampilan peserta dalam bidang pembuatan perabot kayu.
§ Mengurangi jumlah pengangguran dengan menciptakan lulusan yang kompeten dibidang pembuatan perabot kayu.
§ Bekal kecakapan hidup dalam usaha untuk ikut bersaing dalam dunia kerja.

D. Sasaran
§ Sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah tercapainya ketrampilan dari peserta sesuai dengan standar kompetensi dibidang pembuatan perabot kayu.

E. Estimasi Biaya
§ Pembiayan dari kegiatan ini berasal dari anggaran pemerintah daerah kabupaten Kendal dengan rencana anggaran biaya terlampir

F. Waktu Dan Tempat Penyelenggaraan
§ Waktu penyelenggaran kegiatan pelatihan ketrampilan pembuatan perabot kayu akan dilaksanakan selama satu bulan yaitu 5 Nopember 2007 sampai dengan 5 Desember 2007 dengan jadwal terlampir.
§ Tempat penyelenggaran kegiatan dilaksanakan di bengkel perabot kayu SMK Negeri 2 Kendal



G. Metode Dan Materi Pelatihan
§ Materi kegiatan pelatihan ketrampilan pembuatan perabot kayu dengan menggunakan metode teori dan praktek dengan materi pelatihan terlampir.

H. Peserta
§ Kegiatan pelatihan ketrampilan pembuatan perabot kayu ini diikuti 20 peserta yang berasal dari masyarakat kabupaten kendal dengan batas usia 18 – 25 tahun baik putra maupun putri.

I. Penyelenggara
§ Penyelenggara kegiatan pelatihan ketrampilan pembuatan perabot kayu ini adalah Kantor Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kendal bekerja sama dengan SMK Negeri 2 Kendal dengan susunan panitia terlampir.

J. Penutup
Demikian atas dukungan dan bantuan dalam pembuatan proposal ini kami ucapkan terimakasih.

Kendal , 2 Nopember 2007
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 2 Kendal Ka. Bid Teknik Bangunan




Drs. Sodiq Purwanto, M.Pd Setyo Noegroho, S.Pd
NIP. 131 635 313 NIP. 132 083 880

Tidak ada komentar: